Pages

Minggu, 23 Oktober 2011

Perang Badar

Perang Badar adalah perang antara Nabi Muhammad SAW beserta uat islam dan kaum kafir Quraisy. Perang Badar terjadi pada hari Jum'at tanggal 17 Ramadhan tahun ke-2 H (13 Maret 624 M). Semula Rasulullah SAW dan para sahabat mengambil posisi dekat mata air Badar. Salah seorang sahabat Nabi SAW, HUbab bin Munzir, tidak setuju dengan terhadap pengambilan posisi tersebut.




Lalu ia bertanya pada Rasulullah SAW " wahai Rasulullah apakah posisi yang kita ambil ini berdasarkan wahyu Allah, atau hanya pendapat tuan sendiri ?" Rasulullah SAW menjawab, " Ini hanya pendapatku sendiri dan bukan wahyu dari Allah " Hubab Munzir pun berkata, " Wahai Rasulullah, menurut pendapatku posisi yg kita ambil ini tidak tepat. Posisi yg paling tepat adalah dekat mata air yang berdekatan dengan musuh. Kalau tuan setuju mari kita semua pindah kesana< dan gali di dekat mata air itu sumur-sumur yang cukup dalam, lau kita penuhi dengan air.
Setelah bermusyarah, Rasulullah SAW menyetujui pendapat Hubab bin Munzir dan melaksanakannya sehingga Nabi Muhammad SAW dan umat Islam dalam Perang Badar tersebut memperoleh kemenangan.

0 komentar:

Posting Komentar